Let's KISS

KISS....Keep It Short and Simple..kurang lebih begitu kepanjangannya..Kata ini pertama kali saya dengar saat In House Training di sebuah tempat kursus “radio announcer”.Artinya kurang lebih adalah gunakan kata-kata sesingkat dan sesederhana mungkin agar pendengar mudah memahami yang penyiar ucapkan. Tapi rasanya prinsip KISS ini tidak hanya cocok diterapkan di dunia penyiaran.
Dalam dunia branding (penamaan produk) prinisip ini juga seringkali digunakan. Tujuannya kurang lebih sama agar konsumen mudah mengingat.
Sayangnya baru-baru ini orang-orang (terutama remaja a.k.a anak baru gede) sudah melupakan prinsip ini. Coba kita lihat ID facebook dan email anak-anak masa kini. Sangat jauh dari prinsip KISS. Misalnya saja CiiEmuudhCaIankKaMugh, atau juga ciUchuld..Padahal nama aslinya sama sekali jauh dari itu.
Yu mari kita lihat apa sih pentingnya KISS.
Yang terpenting adalah membuat orang mudah mengingat. Misalnya aja detik.com, laman berita, namanya sangat  mudah diingat dan sangat kecil kemungkinan orang untuk nyasar.karena Cuma satu cara penulisan detik. d-e-t-i-k. ga ada yang lain. Bayangkan kalo laman berita ini misalnya saja alamatnya. www.cmuaghbeRitauchuld.com....fiuh...bacanya aja udah repot kan?!Belum lagi cara pengetikan yang ribet. Alhasil orang akan nyasar ke situs lain atau malah orang jadi malah malas cari situs kita. Nah jadi itulah adik-adik kenapa RCTI menggunakan alamat rcti.tv bukannya tipiokeghbuangedhh.com dan SCTV memilih sctv.co.id bukannya sctvngetophsangadh.co.id
Bagaimana dengan Facebook (juga berbagai  jejaring social) dan Email ?!! kayanya perlu juga kita pake prinsip KISS.Mari kita pikir bersama-sama. Fungsi dari FB adalah menghubungkan kita dengan teman-teman termasuk di dalamnya teman-teman lama. Bayangkan kalo ada temen kita yang udah lama ga ketemu dan pengen cari kita di FB. Tentunya yang dia lakukan adalah mengetikan nama kita pada search box. Nama mana yang diketik?!! Tentu nama asli kita yang dia tahu. Misalnya aja Budi berusaha cari temannya yang bernama Dewi Lestari. Budi mengetikan nama “Dewi Lestari” pada search box dan menekan tombol Enter dan hasilnya adalah tidak ada Dewi yang dia cari. Mengapa?!! Karena Dewi yang dia cari menggunakan nama whieeCaiaankkdhiee.
Berikut ilustrasi lain bagaimana ribetnya saat kita tidak menerapkan prinsip KISS.
Suatu hari di sebuah tempat  audisi mencari Idola.
Budi       : “hei…tadi kamu bagus banget nyanyinya”
Dewi      : “Thanx…kamu juga..tapi aku g yakin bakal lolos”
Budi       :”Yakin deh..suara kamu kan bagus..udah gitu cantik pula…(menggoda)
Dewi      :“ Makaci (ge-er)..kamu juga cakep….(kegatelan)
Budi       :”Btw..boleh minta FB kamu dong..ntar aq add…hehe…”
Dewi      : “Boleh banget..FB aku whieeCaiaankkdhiee..”
Budi       :”Apa??!!”
Dewi      :” WHIEECAIAANKKDHIEE…” ( agak teriak nih ngomongnya)
Budi       :”wicayangdi???!!”
Dewi      :”bukan… WHIEECAIAANKKDHIEE
Budi       :”gimana nulisnya??!!”
Dewi      :” W-H-I-E-E-C-A-I-A-A-N-K-K-D-H-I-E-E
Budi       :”ok..ntar di add yah.thnx..”
……Keesokan harinya Budi mencoba mencari FB dewi..Namun malangnya nasib Budi karena kurang satu huruf E saja di search box ,muncullah 100 nama..dan 10 nama pertama yang muncul bukanlah dewi yang ia maksud.Ia pun berhenti mencari..

Nah….Betapa repotnya kan?!! Bagaimana dengan alamat email??tentunya sama..salah satu huruf saja,email yang dikirim bakal nyasar.Jadi gunakan alamat email yang mudah dihapal. Short and Simple. Akan lebih baik jiga menggunakan nama asli.Misal dewilestari@yahoo.com,dewi_lestari@yahoo.com,budihernadi@yahoo.com..Atau jika tidak ingin menggunakan nama asli boleh menggunakan nama lain namun tentunya yang mudah diingat.misal:budismkn4@gmail.com, budi2009@yahoo.com,superbudi@yahoo.com.
Oke…so now..Lets KISS..!!!!!

Tidak ada komentar:

Easus Partition Manager:Software Partisi Hardisk Gratis

Drive C anda menipis? Salah setting partisi saat install windows? Ga perlu kuatir, dengan software partisi hardisk gratis ini semua bisa dia...