Water Level Controller

Saat ini perkembangan teknologi seluler semakin pesat. Penggunaan telepon seluler semakin meningkat dan menjangkau cakupan daerah yang luas. Biaya yang ditawarkan berbagai operator seluler semakin murah. Perkembangan ini memungkinkan pengembangan telepon seluller untuk digunakan dalam aplikasi pengontrolan.
Sistem pengatur level air jarak jauh ini terdiri dari tiga bagian yaitu sensor ketinggian air, sistem minimum mikrokontroler dan relay. Mikrokontroler yang digunakan adalah AT89S51 dan sensor yang digunakan adalah sensor infra merah. Alat yang dibuat ini dirancang untuk bekerja pada jaringan GSM yang menggunakan operator Indosat M3.
Sistem minimum mikrokontroler berfungsi sebagai bagian utama dari alat ini. Mikrokontroler menerima data dari sensor infra merah serta memprosesnya dan mengirimkan status ketinggian air ponsel pengguna. Sistem mikrokontroler juga menerima data dari ponsel untuk kemudian mengaktifkan dan memadamkan relay.
Alat ini dapat digunakan sebagai pendeteksi banjir. Alat ini akan mendeteksi ketinggian air kemudian mengirimkan keadaan ketinggian air ke ponsel pengguna. Alat ini dapat mendeteksi 3 ketinggian ait yaitu rendah (Lo), sedang (Med) dan tinggi (Hi). Ketinggian ,masing-masing level dapat disesuaikan dengan mengatur jarak antar sensor infra merah. Selain menerima status ketinggian air pengguna dapat melakukan panggilan ke sistem ini untuk mengaktifkan atau memadamkan pompa. Setelah pompa berubah status, sistem akan mengirimkan pesan status pompa ke ponsel pengguna.

download Jurnal

Tidak ada komentar:

Easus Partition Manager:Software Partisi Hardisk Gratis

Drive C anda menipis? Salah setting partisi saat install windows? Ga perlu kuatir, dengan software partisi hardisk gratis ini semua bisa dia...